Tips memakai google maps

Tulisan ini buat kalian pengendara motor yang merantau di kota orang dan berpergian seorang diri. Here we go..

  • Pilih jalan yang udah pernah dilewatin tapi perjalanan lama atau jalan yang      belum pernah dilewatin tapi memakan waktu yang sedikit?

Aku sering nih ada diposisi kayak gini. Menurutku ini tergantung situasi kalian. Kalau waktu kalian masih banyak banget, kalian bisa pilih jalan yang belum pernah dilewatin karena kemungkinan buat tersesat saat melewati jalan yang asing itu lebih besar daripada saat melewati jalan yang udah pernah dilewati. Sebenarnya perjalanan yang melewati jalan yang udah pernah dilewati itu bisa dipersingkat dengan kecepatan yang tinggi hehe karena kalau lewat jalan yang asing kita biasanya bakalan mengendarai secara pelan.

  • Kombinasikan google maps dan bertanya sama orang

Emang bener kata pepatah “malu bertanya sesat di jalan”. Tapi aku tipe yang ga terlalu suka bertanya sih, mungkin ketika kalau udah mentok pusing di mana baru nanya. Dan selalu ingat kalau google maps itu gak selalu benar. Aku udah beberapa kali menemukan sebuah lokasi toko atau apa digoogle maps terus waktu aku ikutin petunjuk arahnya dan udah sampai ternyata tempatnya gak ada. Zonk banget kan.

  • Jangan taruh hp di dashboard motor ketika siang hari

Meletakkan hp di dashboard motor membuat hp jadi panas dan baterainya cepat habis. Daripada ditaruh di dashboard mending ditaruh didalam tas atau dikantongin.

  • Kalau perjalanan kamu jauh dan tidak punya power bank maka usahakan jangan 100% menggunakan google maps

Maksudnya apanih ga pake google maps 100%? Jadi kamu menggunakan google maps misal sekadar untuk mengetahui lokasi kamu udah sampai mana dan jalur yang mau kamu lewati itu mana.

  • Usahakan mempelajari rute perjalanan yang akan kamu ambil sehari sebelum keberangkatan

Sebenarnya gak perlu sehari juga sih, 30 menit sebelum keberangkatan juga bisa kalau kamu punya daya ingat yang bagus. Kalau aku pribadi lebih suka ngafalin nama jalan, terus nanti aku bisa tau aku sekarang lagi ada dijalan mana lewat banner yang biasanya ada dipinggir jalan. Beda orang beda pilihan. Ada juga yang lebih suka menghafal toko di jalan yang akan ia lewati.

“O kalau gue udah ngelewati superindo berarti rutenya udah benar”.

Kenapa lebih baik ngelakuin ini? Jawabannya biar gak dikit-dikit melipir ke pinggir jalan buat ngecek maps. Ini kan kita perginya sendirian jadi bakal susah kalau dikit-dikit cek hp. Kalau sama temen ya beda lagi ceritanya.

  • Ingat titik-titik penting

Titik-titik penting itu yang kek mana? Titik penting tu kayak pertingaan, perempatan, tikungan, atau tempat kamu akan belok.

  • Kalau tersesat dibawa santuy aja

Santai.. tarik  nafas.. hembuskan perlahan. Kita bisa ambil sisi positif dari tersesat. Tersesat itu bikin kamu jadi ingat sama lokasi dimana kamu tersesat. Saat tersesat lebih baik kamu memperlambat kecepatan dan tengok kanan kiri sambil melanjutkan perjalanan.

“Oh ini ada toko jahit Markonah”

“Disini ada pom bensin juga ternyata”

  • Kalau capek ya istirahat

Baik itu capek mental maupun fisik tetep harus istirahat. Beli es teh dulu kek atau gimana terserah. Atau kalau pengen tidur ya berhenti di masjid bentar terus tidur. Karena berkendara dalam keadaan ngantuk itu bahaya gais.

Tinggalkan komentar